PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DI KOTA PALEMBANG

Main Article Content

Dian Utari
Nandiansi Rima Amanda

Abstract

Seiring perkembangan jaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih, sarana transportasi dan komunikasipun semakin mudah sehingga membuat aktivitas manusia semakin cepat dan praktis salah satunya dengan munculnya penyedia jasa transportasi berbasis online. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dan harga berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan maxim?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dan harga berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan maxim. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis varifikatif. Hasil penelitian secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 7,821 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak, artinya variabel kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dan harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan maxim. Hasil penelitian secara parsial diperoleh nilai thitung untuk variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy dan harga masing-masing 1,344, 0,390, 1,415, -1,362, 1,739 dan 3,029 dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,188, 0,699, 0,166, 0,183, 0,091 dan 0,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel tangibles, reliability, responsiveness dan assurance tidak mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan maxim, sedangkan variabel empathy mempunyai pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan maxim dan variabel harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan maxim.

Article Details

Section
Articles

References

Algifahri. 2016. Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta : BPFE.
Astri Fuji RS dkk. 2016. Analisis Kepuasan Konsumen GO-JEK Di Wilayah Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 2 No 2, 2017, Politeknik Negeri Bandung, Bandung.
Damayanti Erna Nia dan Udung Noor. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada bisnis jasa transportasi GRAB Indonesia. Prosiding Manajemen Komunikasi Vol 4 No 2, agustus 2018, UNISBA, Bandung.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.
Immanuel. 2019. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Online Pada Mahasiswa Pelanggan Gojek Univ. Santa Darma Yogyakarta. Univ. Santa Darma. Yogyakarta.
Kotler Phipip dan Kevin Keller. 2009. (terj. Bob Sabran). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga belas Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Lupiyoadi Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Lusiana dkk. 2020. Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangibles terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Pada Mahasiswa Ekonomi UNM. JEKPEND Vol 3 No 2, 2020, Universitas Negeri Makassar.
Marismiati dan Hendra Hadiwijaya. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Brt Transmusi Palembang. Jurnal, Politeknik Palcomtech, Palembang.
Shaleh Muhammad. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Go-jek Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Palembang. Skripsi. Universitas Sriwijaya.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta : Andi Offset.