PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA, KOMPENSASI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KARYAWAN POLTEKTRANS SDP PALEMBANG

Main Article Content

Andika Komara Putera
Iin Hendrayani
Miftahul Jannah
Gokmanto Siringoringo

Abstract

Kinerja karyawan adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dalam penelitian ini yaitu lingkungan kerja, motivasi kerja, kompensasi, dan disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja, kompensasi dan disiplin secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan Poltektrans SDP Palembang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 144 responden. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis  data verifikatif. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa untuk lingkungan kerja (X1) diketahui nilai thitung -428 < nilai ttabel 1,655, motivasi kerja (X2) dapat diketahui nilai thitung -1,392 < nilai ttabel 1,655, kompensasi (X3) dapat diketahui nilai thitung 0,735 > nilai ttabel 1,655, disiplin (X4) diketahui nilai thitung  3,432 > nilai ttabel 1,655 tidak mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil uji  simultan (uji f) menunjukkan bahwa nilai F hitung 5,273 > nilai F tabel 2,67 dan signifikan lebih kecil 0,05 (0,01 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak, artinya variabel lingkungan kerja (X1), motivasi kerja (X2), kompensasi (X3) dan disiplin (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil koefisien Adjusted R Square diperoleh nilai 0,107 (10,7%) berarti nilai variabel lingkungan kerja (X1) motivasi kerja (X2), kompensasi (X3), disiplin (X4) dan kinerja karyawan (Y) sebesar 10,7% sedangkan sisanya 89,3% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Bagi peneliti selanjutnya agar menambahkan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan, karena dari penelitian ini diketahui pengaruh lingkungan kerja (X1), motivasi kerja (X2), kompensasi (X3), disiplin (X4) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) sebesar 32% sedangkan sisanya 68% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Articles

References

Anwar Prabu Mangkunegara. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Refika Aditama.

Badrudin. 2013. Dasar Dasar Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universita Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. 2003. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta?: Penerbit Bumi Angkasa.

Hasibuan, Malayu, S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarata.

Kristyawan, Dicky. 2022. Pengaruh Motivasi Kerja, Kompensasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang.

Margono, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta?: Penerbit Rineka Pelajar.

Muhson, Ali. 2012. Pelatihan Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY.

Sedarmayanti. 2009. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siswanto. 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.