Analisis Merger Dengan Metode Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kinerja Perusahaan Pada PT. Dahlia Dewantara Palembang

Main Article Content

Rini Oktavia
Feronika Rosalin

Abstract

Merger dilakukan oleh perusahaan dengan harapan mendapat keuntungan yang besar dan dapat memperkuat posisi keuangan perusahaan yang melakukan merger. Untuk mengurangi persaingan sekaligus menciptakan efisiensi, PT. Dahlia Dewantara melakukan merger dengan PT. Terate Gemilang pada tanggal 15 Maret 2016 yang dilakukan dengan metode pembelian. Keputusan merger mempunyai dampak yang besar dalam kinerja perusahaan karena dengan bergabungnya dua atau lebih perusahaan dapat mengubah kondisi dan posisi keuangan perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menganalisis langkah-langkah merger dengan metode pembelian dan kinerja perusahaan menggunakan kinerja keuangan yaitu rasio likuiditas menggunakan current ratio, rasio solvabilitas menggunakan debt to asset ratio, rasio profitabilitas menggunakan net profit margin, dan rasio aktivitas menggunakan total assets turn over. Hasil penelitian merger dengan metode pembelian pada PT. Dahlia Dewantara menghasilkan keuntungan kepada PT. Terate Gemilang sebesar Rp. 743.911.000 atas aset dan kewajiban yang dibeli, sedangkan keuntungan yang didapatkan oleh PT. Dahlia Dewantara yaitu wilayah pemasarannya bertambah luas, barang yang dijual semakin banyak dan bervariasi, serta laba bersih yang di dapatkan perusahaan setelah 1 tahun merger naik sebesar Rp. 7.768.392.000. Merger PT. Dahlia Dewantara mempunyai dampak terhadap kinerja perusahaan yaitu current ratio menjadi lebih baik karena mengalami peningkatan setelah 1 tahun merger sebesar 54%, debt to asset ratio menjadi tidak baik karena mengalami penurunan setelah 1 tahun merger sebesar 4%, net profit margin menunjukkan tidak adanya dampak terhadap kinerja perusahaan karena rasio sebelum dan sesudah merger tidak berbeda yaitu sebesar 23%, dan total assets turn over menjadi lebih baik karena mengalami peningkatan setelah 1 tahun merger sebesar 11 kali.

Article Details

Section
Articles

References

Aaker, David. 1991. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetian Pelanggan. Dialihbahasakan oleh: Dwi Kartini Yahya. Jakarta:
Erlangga.

Joshua, T dan Haryadi, E. 2013. Analisis Pengaruh Brang Image, Price Perception dan Service Quality Terhadap Customer Loyalty pada Pelanggan Urban Kitchen. Jurnal Manajemen. 1(1): 13–27.

Kartikasari. 2008. Pengaruh Citra merek Terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi pada Pelanggan Koran Jawa Pos di wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Program Sarjana Universitas Negeri Malang, Malang.

Kotler, Philip & G. Armstrong. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran: Jilid 1. Penerjemah Alexander Sindoro. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 1992. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Midas Surya Grafindo.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: PT.
Prehalllindo.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen
Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta:
Prehalindo



Kotler, Philip. 2003. Marketing
Management. 11th Edition/International Edition. Prentice Hall: New Jarsey.

Kotler, Philip. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan, Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit PT.
Indeks.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

M. Nasir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta:
Ghalia Indonesia.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta:
Salemba Empat.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS Plus! Tata Cara dan Tips Menyusun Skripsi dalam Waktu Singkat!. Yogyakarta:
MedKom.

Stanton, William J & Y. Lamarto. 1994. Prinsip-Prinisp Pemasaran. Jilid 1.
Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian.
Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitaif. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Bashu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran.
Yogyakarta: Andi Offset.