ANALISIS HARGA POKOK PESANAN BANNER PADA CV. ADI PUTRA UTAMA

  • Luthfia Widiyana
Keywords: Job Order Costing

Abstract

Sales play a crucial role for a company, as they ensure that the products produced can be sold, generating revenue for the company. To achieve this, a company must determine an appropriate selling price, as the price is a significant factor for the general public. The higher the price of a product, the more it may negatively impact sales. This research focuses on the analysis of job order costing. The objective of this study is to understand how the cost of producing banners is determined at CV. Adi Putra Utama. This research employs a quantitative method, with data analysis conducted using a descriptive approach. Data collection methods include observation, interviews, and documentation, utilizing both primary and secondary data sources. In determining the cost of production, CV. Adi Putra Utama currently calculates the cost without distinguishing between raw materials and auxiliary materials. As a result of the production cost analysis, the company's gross profit is found to be Rp. 8,361, which is lower than the gross profit of Rp. 10,701 that would be obtained using the job order costing method.

References

A. Ross, Stephen, dkk. 2015. Pengantar Kuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
AHMAD, AL NUR. 2014. “Analisis Penentuan Harga Pokok Pesanan Percetakan dengan Menggunakan Metode Full Costing pada CV. Global Sejahtera.” http://eprints.dinus.ac.id/8881/.
Anggelika S. Nangin. 2018. “Penerapan Sistem Job Order Costing Dalam Penentuan Harga Jual Produk Pada Cv. Satu Satu Media Utama.” Jurnal Riset Akuntansi Going Concern Vol. 13, N.
Anggraini, Ria, dan Endang Sri Mulatsih. 2018. “Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Tekwan dan Model Untuk Menentukan Harga Jual Pada Tekwan dan Model Jon Dempo.” JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi) Vol.3, No.
Danang, Sunyoto. 2013. Metode Penelitian Akuntansi. Bandung : PT. Refika.
Dewi, Sofia Prima dan Septian Bayu Kristanto. 2014. Akuntansi Biaya. Jakarta: In Med.
Fardhani. 2016. “Evaluasi Penerapan Job Order Costing Method Dalam Penentuan Harga Pokok Pesanan Pada CV. Visual Komunika Mandiri.” 2016. https://doi.org/10.31334/neraca.v1i2.860.
Google Scholar. 2023. “Jurnal Penelitian Terdahulu.” 2023. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=analisis+harga+pokok+pesanan&btnG=.
Herman. 2018. Marketing Strategy, Edisi 1, Yogyakarta, Andi Offset. Edisi 1. Yogyakarta : Andi Offset.
Ina Safitri. 2020. “Analisis Penentuan Harga Pokok
Pesanan dalam Menetapkan Harga Pokok Pesanan Pada Sentra Batik Mukti Rahayu Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan.” 2020. http://etheses.iainponorogo.ac.id/11619/1/INA UPLOAD.pdf.
Lilis Febrianty. 2019. “ANALISIS PERBANDINGAN METODE FULL COSTING DAN VARIABEL COSTING DALAM PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Je’neberang Kabupaten Gowa).” 2019. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/15638/1/ANALISIS PERBANDINGAN METODE FULL COSTING DAN VARIABEL.pdf.
Melati, R. S., & Dwijayanti, R. 2020. “PENGARUH HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CASE HANDPHONE PADA MARKETPLACE SHOPEE.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 8 N.
Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. 5 ed. yogyakarta: yogyakarta:UPP STIM YKPN.
Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya. Ke-5. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.
Sari, Dian Indah. 2015. “PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE HARGA POKOK PESANAN PADA PT.TOBECO.” https://doi.org/: https://doi.org/10.31294/jp.v16i2.3767.
Savitri. 2018. “PENCATATAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI PADA UMKM MR. PELANGI SEMARANG).” MBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi) Vol. 5 No.
Shelfie Juniarti A. 2016. “Analisis Perhitungan Harga Pokok Pesanan pada Percetakan CV. Tunas Muda Samarinda.” Universitas Mulawarman Samarinda.
Sri Warni. 2016. “Cara Menggunakan Metode Harga Pokok Pesanan.” 2016. https://zahiraccounting.com/id/blog/cara-menggunakan-metode-harga-pokok-pesanan/.
Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Tutik Sofya. 2019. “ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI TAHU BERDASARKAN METODE FULL COSTING DI HOME INDUSTRI TAHU MITRA JEMBER.” 2019. http://digilib.uinkhas.ac.id/18482/1/Tutik Sofya_E20153010.pdf.
Published
2024-08-24