PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND CARDINAL DI PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE IP PALEMBANG

  • Anna Kavela
  • Ahmad Sazili
Keywords: Pengetahuan Produk, Gaya Hidup dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor internal yaitu pengetahuan produk dan gaya hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian brand Cardinal di PT Matahari Departement Store IP Palembang. Penelitian ini menggunakan pengetahuan produk dan gaya hidup sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Objek dalam penelitian ini adalah pelanggan Cardinal yang mengunjungi PT. Matahari Departement Store IP Palembang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus teknik Bernoulli. Pada penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari objek perusahaan yang diteliti. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) pengetahuan produk dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengetahuan produk dan gaya hidup secara simultan (uji F) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Abdul Manap. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (1st ed.). Mitra Wacana Media.
Alaviyah, T. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelpompok Rreferensi Terhadap Keputusan Pembelian Chatime Di Pekanbaru (Studi Kasus Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Dan Bisnin Islam Riau). Skripsi, 1–97.
Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (9th ed.). Alfabeta.
Engel, J. et al. (2006). Consumer Behavior. Mason : Permissions Departement, Thomson Business and Economics (4th ed.).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Bob Sabran (ed.); 12th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Laksana, M. F. (2019). Praktik Memahami Manajemen Pemasaran (3rd ed.). CV Al Fath Zumar.
Manday, & Silvia L. (2009). Pengaruh Faktor gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Manajemen Pemasaran, 6(1), 92–100.
Peter, P., & Olson, J. (2010). Costumer Behavior and Marketing Strategy (7th ed.). USA : Mc. Graw Hill.
Sangadji, etta mamang, & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen (Nikoemus WK (ed.); 1st ed.). Andi Offset.
Sanny Hanjaya. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Pengetahuan Produk dan Keragaman Menu Terhadap Keputusan Pembelian Produk Capra
Latte. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2).
Stanton, & William. (2008). Fundamentals of Marketing (Yohanes Lamarto (ed.); 7th ed.). Erlangga.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (14th ed.). Bandung: Alfabeta, CV.
Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus) (3rd ed.). PT. Buku Seru.
Yoesmanam, I. C. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Kosmetik Organik. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 134. https://doi.org/10.26740/bisma.v7n2.p134-142
Zikmund, William, & Al, E. (2013). Business Research Methods (6th ed.). Learning Custom.
Published
2024-06-01