ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA SHOPEE (STUDI KASUS PELANGGAN SHOPEE DI KELURAHAN KEMAS RINDO KECAMATAN KERTAPATI KOTA PALEMBANG)
Abstract
Loyalitas pelanggan merupakan faktor penting dalam kesuksesan jangka panjang suatu platform e-commerce. Pelanggan yang loyal cenderung melakukan pembelian berulang, memberikan umpan balik positif, dan merekomendasikan platform tersebut kepada orang lain. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan Shopee sangat penting bagi perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar mereka dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu kemudahan dan kepercayaan. Pada penelitian ini hanya menggunakan dua variabel yaitu kemudahan dan kepercayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemudahan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan pengguna Shopee di Kelurahan Kemas Rindo, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang, serta untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan pengguna Shopee di Kelurahan Kemas Rindo, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode analisis data yang digunakan deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kemudahan pelanggan membeli produk di shopee dengan tingkat persentase sebesar 88,87% dan kepercayaan pelanggan membeli produk di shopee dengan tingkat persentase sebesar 88,87%. Tingkat persentase kedua variabel tersebut dapat dikategorikan sangat baik karena berada pada skala interval 84,01%-100%. Berdasarkan paparan analisis di atas, faktor kemudahan dan kepercayaan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pengguna shopee dengan sangat baik.
References
Anggraeni, N. (2021). Analisis Kemudahan dan Kepercayaan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Jasa Go-Jek di Kota Mataram (Studi pada Mahasiswa Konsumen
Go-Jek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram). Universitas Islam Negeri Mataram.
Ardinata, L., & Aktarina, D. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan J.Co Donuts & Coffedi Paalembang. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, dan Akuntansi, 4(2), 18–34. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.150
Erawati, S. H. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Terhadap Penggunaan E-Commerce. INSPIRASI (Jurnal Ilmu Sosial), 17(2), 304–315.
Esterlina, D., Jabat, B., Tarigan, L. L., Purba, M., Purba, M., Teknologi, A., Immanuel, I., Medan, A. W., Mandiri, P., & Prestasi, B. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan. 2(2), 16–21.
Fitrianingsih, Hasibuan, M. R., & Suwadi. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Paylater (Studi Kasus di Perumahan Cemara Indah Tebing Tinggi). Journal Digital Business, 1(02), 1–8.
Gudiato, C., Sediyono, E., & Sembiring, I. (2022). Analisis Sistem E - Commerce pada Shopee untuk Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode S.W.O.T. Journal of Information Technology, 2(1), 6–10.
Jannah, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Loyalitas Konsumen Berbelanja di Shopee (Studi Kasus Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Narimawati, U. (2010). Metodologi Penelitian : Dasar Penyusun Penelitian. Genesis.
Nirawati, L., Safitri, B. A. D., & Ahmad, R. F. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Studi pada Mahasiswa Aktif Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur). Syntax Idea, 2(9), 594–604.
Octavian, A. (2019). Analisis Loyalitas Pelanggan Online shop Shopee. Prosiding FRIMA Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), 6681(2), 1077–1080. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.146
Pertiwi, A. B., Ali, H., Dwikotjo, F., & Sumantyo, S. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANPertiwi, A. B., Ali, H., Dwikotjo, F., & Sumantyo, S. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN : ANALISIS PERSEPSI HARGA , KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN ( LITERATURE REVIEW MANA. 3(6), 582–591.
Puspitasari, R., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus pada Konsumen Pelanggan Aplikasi Grab di PT Sido Muncul Kebon Jeruk). 3(2), 1–15.
Putra, K., Indriyani, R., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. AGORA, 7(1), 1–5.
Ridwan, M., & Halimatussakdiah. (2019). Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Niat Membeli Ulang Melalui Mediasi Kepercyaan Pelanggan Terhadap Produk Motor Suzuki Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol. 4, No(4), 685–699.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulistyowati. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan dalam Menggunakan Jasa Gojek di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 1(3), 119–127.
Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Persepsi Risiko terhadap Minat untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4).
Zaahirah, R. (2018). Pengaruh Terpaan E-Commerce Shopee terhadap Konformitas Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.