Pengaruh Price Earning Ratio dan Quick Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016

Main Article Content

Vina Yanti
Destia Aktarina

Abstract

Harga saham menunjukkan nilai dari suatu prestasi perusahaan. Semakin naik nilai harga saham akan menunjukkan prestasi yang baik, semakin banyak prestasi yang dimiliki maka semakin banyak saham perusahaan tersebut diminati investor. Prestasi yang baik dari suatu perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Price Earning Ratio dan Quick Ratio terhadap harga saham pada perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 baik secara simultan maupun parsial. Price Earning Ratio dan harga saham memiliki hubungan yang kuat, dikarenakan Price Earning Ratio itu menunjukkan pertumbuhan laba dari perusahaan dan investor akan tertarik terhadap pertumbuhan laba tersebut. Sehingga pada akhirnya akan memberikan efek terhadap harga saham. Quick Ratio juga memiliki hubungan yang kuat terhadap harga saham, bila nilai Quick Ratio meningkat maka akan mempunyai pengaruh yang positif terhadap peningkatan harga saham. Objek penelitian ini adalah perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sumber data sekunder dalam penelitian ini mengambil dari BEI. Metode penelitian  yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis yang dihasilkan secara simultan Price Earning Ratio dan Quick Ratio berpengaruh positif terhadap harga saham, sedangkan secara parsial Price Earning Ratio berpengaruh positif terhadap harga saham dan Quick Ratio berpengaruh positif terhadap harga saham. 

Article Details

Section
Articles

References

Alwi, Iskandar Z. “Pasar Modal, Teori dan Aplikasi”.Nasindo Internusa, Jakarta 2013.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2010. “Dasar-dasar Manajemen
Keuangan Terjemahan”. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi Irham. 2016. “Pengantar Manajemen Keuangan”. Cetakan Kelima.
Bandung : CV Alfabeta.

Priyanto, Duwi. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS Plus! Tata Cara dan Tips Menyusun Skripsi dalam Waktu Singkat!. Yogyakarta:
MedKom.

Sugiyono. 2010. “Statistik Untuk Penelitian”. Bandung: Penerbit
Alfabeta.

Sunariyah, 2006. “Pengantar Pengetahuan Pasar Modal”. Edisi kelima. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.