PENGARUH PERSONAL SELLING, FREE GIFT DAN IMPLEMENTASI DISPLAY TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA DIVISI FASHION TRANSMART OPI MALL PALEMBANG
Abstract
Impulsive buying secara umum adalah suatu perilaku untuk membeli sesuatu tanpa direncanakan dan tanpa memikirkan secara lengkap fungsi, tujuan, hingga konsekuensinya dan dimana konsumen sering sekali membeli suatu produk tanpa direncanakan terlebih dahulu dimana keinginan untuk membeli sering kali muncul di toko atau di mall. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh personal selling, free gift dan implementasi display secara parsial terhadap impulsive buying pada Divisi Fashion Transmart Opi Mall Palembang, dan untuk mengetahui pengaruh personal selling, free gift dan implementasi display secara simultan terhadap impulsive buying pada Divisi Fashion Transmart Opi Mall Palembang. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah konsumen yang membeli pada Divisi Fashion Transmart Opi Mall Palembang yang berjumlah 100. Locus Penelitian ini adalah pada Transmart Opi Mall Palembang yang beralamat di Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis data yang digunakan yaitu metode Verifikatif. Berdasarkan hasil pengujian didapat kesimpulan bahwa secara parsial variabel personal selling, free gift dan implementasi display memiliki pengaruh terhadap impulsive buying. Secara simultan didapat kesimpulan bahwa variabel bebas (personal selling, free gift dan implementasi display) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terikat (impulsive buying) pada Divisi Fashion Transmart Opi Mall Palembang
References
Alma, B. (2019). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa (revisi). Bandung : Alfabeta, 2018. https://elit.ittelkom-sby.ac.id/opac/detail-opac?id=1642
Alma Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan kedelapan. Alfabeta.
Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., Setiawan, I. K., Utami, N. L. P. M. P., Yasa, N. N. K., & Jatra, M. (2019). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, DISPLAY PRODUCT, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Google Scholar
Aveline, W., & Semuel, H. (2023). Pengaruh Promosi Freegift dan Celebrity image Lemonilo Terhadap Repurchase intention. Google Scholar
Devina Florencia Sukmana, & Japarianto, E. (2019). PENGARUH PERSONAL SELLING DAN BRAND ACTIVATION TERHADAP PURCHASE INTENTION KONSUMEN PADA PRODUK SANTAN BUBUK SASA PT SASA INTI DI SURABAYA. Jurnal Strategi Pemasaran. Google Scholar
Hawkins, & Mothersbaugh, D. L. (2018). Consumer Behavior. In Building Marketing Strategy 12th Edition.
Hendrayani, I., Faitullah, Ridho, A. M., & Nu’aini. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK CIMORY (STUDI KASUS PADA ALFAMART KIMAROGAN 2 KERTAPATI PALEMBANG). JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi), Vol.7 No.1, 99–107. Google Scholar
Husain, N., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2022). Analisis Lokasi, Potongan Harga, Display Produk dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pada Alfamart Kayubulan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, Vol. 10No. Google Scholar
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of marketing. New Jersey : Pearson Education. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=582941
Larasati, M. A., & Budiani, M. S. (2019). HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF PAKAIAN PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA YANG MELAKUKAN PEMBELIAN SECARA ONLINE. Volume 02. Google Scholar
Nonongan, Y., Anwar, S. M., & Maszudi, E. (2019). PENGARUH FREE GIFT DAN CASH BACK TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK PADA TOKO CENTRO ELEKTRONIK PALOPO. JURNAL MANAJEMEN. Google Scholar
Pradhana, P. D., & Martini, D. A. (2019). PENGARUH PERSONAL SELLING, PRICE DISCOUNT, DAN BONUS PACK PROGRAM TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING KONSUMEN PRODUK ORIFLAME PADA PT ORINDO ALAM AYU DI KOTA DENPASAR. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, Volume 3,. Google Scholar
Sudarsono, J. G. (2019). PENGARUH VISUAL MERCHANDISING TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI POSITIVE EMOTION PADA ZARA SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 11, No. 1, Vol. 11, N. Google Scholar
Sumarwan, U. (2018). Strategi pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen / editor, Ujang Sumarwan, Fandy Tjipto ; penyunting, Dwi Murni Nastiti. Bogor : IPB Press, 2018.
Suwinovia, Y. (2022). PENGARUH FREE GIFT DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DI MS GLOW KEDIRI BY YOWANITA. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, Vol.1, No. Google Scholar
Tarigan, Sume, S. A., & Muniroh, L. (2019). STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2, No. Google Scholar
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=309878
Wahyudi, S. (2019). PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING. Jurnal Valuta Vol. 3 No 2, Oktober 2019, Vol. 3 No. Google Scholar
Yogi, N., Anwar, S. M., & Maszudi, E. (2019). PENGARUH FREE GIFT DAN CASH BACK TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK PADA TOKO CENTRO ELEKTRONIK PALOPO. JURNAL MANAJEMEN. Google Scholar