ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL PADA UMKM TEMPE BU TIKA

  • Aisyah Amelia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mulia Darma Pratama
  • Debi Carolina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mulia Darma Pratama
  • Ahmad Fikriyansyah Universitas Sriwijaya
  • Deta Trinalti Oktavia Universitas Sriwijaya
  • Deta Trinalti Oktavia Universitas Sriwijaya
Keywords: Harga Pokok produksi, Full Costing, Variabel Costing, Cost Plus Pricing, UMKM

Abstract

Harga pokok produksi adalah total biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan harga pokok produksi tempe menggunakan metode full costing dan variabel costing, serta dampaknya terhadap penentuan harga jual dengan menggunakan metode cost plus pricing pada UMKM tempe Bu Tika. Metode full costing memperhitungkan semua biaya produksi, baik tetap maupun variabel, sedangkan variabel costing hanya memperhitungkan biaya variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing menghasilkan nilai yang lebih tinggi disbandingkan dengan metode variabel costing. Perbedaan ini berimplikasi pada penetapan harga jual yang lebih tingi Ketika menggunakan metode cost plus pricing dengan full costing. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi UMKM tempe untuk memilih metode perhitungan harga pokok produksi yang sesuai dengan kondisi dan tujuan Perusahaan.

 

 

References

Dafar Pustaka
Adolph. (1997). akuntansi biaya (Edisi semb). erlangga.
Armanto, W. (2013). akuntansi biaya. graha ilmu.
Febrianti, R. (2022). Analisis Perbandingan Penentuan Harga Pokok Produksi Untuk Menentukan Harga Jual Produk Menggunakan Metode Full Costing Dan Variable Costing. 10(1). https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.1190
Kevrhamadhani. (2023). Harga Pokok Produksi : Pengertian, Tujuan, Unsur dan Cara Menghitung. Harga-Pokok-Produksi-Pengertian-Tujuan-Unsur-Dan-Cara-Menghitung. https://www.prieds.com/post/harga-pokok-produksi-pengertian-tujuan-unsur-dan-cara-menghitung
Kotler, & Keller. (2009). manajemen pemasaran (edisi 13). erlangga.
Mulyadi. (2015). akuntansi biaya (ke 5).
Said, J., & Idris, M. (2023). Pengertian UMKM, Kriteria, Ciri dan Contohnya Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pengertian UMKM, Kriteria, Ciri dan Contohnya”, Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contoh. Pengertian-Umkm-Kriteria-Ciri-Dan-Contohnya?Page=all. https://money.kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contohnya?page=all
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis. CV. Andi Offset.
Supriyono. (2013). Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok.
Undang-undang nomor 20. (2008). Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 menyebutkan bahwa Usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat dan dapat berperan dal. Uu-No-20-Tahun-2008-Tentang-Usaha-Mikro-Kecil-Dan-Menengah. https://kukm.babelprov.go.id/content/uu-no-20-tahun-2008-tentang-usaha-mikro-kecil-dan-menengah#:~:text=Undang-Undang Republik Indonesia Nomor,implementasi Keuangan Berkelanjutan di Indonesia.
Yudhistira. (2022). Pengertian UKM, Contoh, Serta Perbedaannya dengan UMKM. Pengertian-Ukm-Adalah/. https://www.bhinneka.com/blog/pengertian-ukm-adalah/
Published
2024-11-15