PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK CIMORY (STUDI KASUS PADA ALFAMART KIMAROGAN 2 KERTAPATI PALEMBANG)
Abstract
Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati Palembang). Saat ini, banyak terdapat susu siap saji dalam kemasan yang beredar dipasaran, salah satunya susu fermentasi. Di Indonesia, susu fermentasi dalam kemasan cukup digemari karena dapat dinikmati oleh siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak. Merek-merek produk susu fermentasi dalam kemasan yang sudah beredar di Indonesia antara lain Yakult, Cimory, Calpico, dan Vitacham. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana pengaruh promosi dan harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati)? 2) bagaimana pengaruh promosi dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati)?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati). 2) untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) dapat dijelaskan : Variabel Promosi (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati), jadi hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Variabel Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati), jadi hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Hasil uji F (secara simultan) menyatakan Promosi (X1) dan Harga (X2) berpengaruh positif terhadap Kepuasan konsumen (Y) produk Cimory (Studi Kasus Pada Alfamart Kimarogan 2 Kertapati). Koefisien determinasi Adjusted R Square menunjukkan bahwa Kepuasan konsumen (Y) dipengaruhi oleh variabel Promosi (X1) dan Harga (X2) sebesar 84,3%, sedangkan sisanya sebesar 15,7% (100% - 84,3%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
References
Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Rendra Alfian Ardiansyah dan Tony Susilo Wibowo. 2020. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Produk Susu Indomilk di Kecamatan Wonokromo Surabaya. Journal of Sustainability Business Research ISSN: 2746 - 8607 Vol. 1 No. 1 Desember 2020. Universitas PGRI AdiBuana Surabaya
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: CV. Andi Offset.