Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Dan Kegunaan Atau Manfaat Terhadap Brand Image (Citra Merek) Pada Produk GEELA di JM GROUP Lemabang Palembang

  • ajeng putri melati
  • Dian Utari
  • Destia Aktarina
  • Miftahul Jannah
Keywords: Kualitas Produk, Pelayanan, Kegunaan Atau Manfaat, Brand Image (Citra Merek)

Abstract

Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, dan Kegunaan atau Manfaat Terhadap Brand Image (Citra Merek) Pada Produk GEELA di JM Group Lemabang Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Kualitas Produk (X1), Pelayanan (X2), dan Kegunaan atau Manfaat (X3) secara parsial dan simultan terhadap Brand Image / Citra Merek (Y) pada produk GEELA di JM Group Lemabang Palembang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu suatu sampel yang terdiri atas sejumlah elemen yang dipilih secara acak, dimana setiap elemen atau anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis verifikatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Image / Citra Merek (Y). Dengan nilai thitung (1.720) > ttabel (1,679) dan nilai signifikan 0,092 > 0,05, variabel Pelayanan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Image / Citra Merek (Y). Dimana nilai thitung (-0,861) < ttabel (1,679) dan nilai signifikan 0,393 > 0,05, sedangkan variabel Kegunaan atau Manfaat (X3) berpengaruh signifikan terhadap Brand Image / Citra Merek (Y). Dimana hasil diperoleh, nilai thitung (4,092) > ttabel (1,679) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, Secara simultan Kualitas Produk (X1), Pelayanan (X2), Kegunaan atau Manfaat (X3) Berpengaruh Signifikan Terhadap Brand Image / Citra Merek (Y) dengan Fhitung sebesar 8,711 dengan tingkat nilai signifikan sebesar Fhitung (8,711) > Ftabel (1,679) dan tingkat signifikan (0,000 < 0,05). Koefisien Determinasi (R2) adalah sebesar 0,682 (68,2%) berarti bahwa variabel Kualitas Produk (X1), Pelayanan (X2), Kegunaan atau Manfaat (X3) menjelaskan Brand Image / Citra Merek (Y) sebesar 68,2% sedangkan sisanya 31,8% (100% - 68,2%) dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Kamus Besar Bahasa Indonesia .2014. Edisi Revisi. Cetakan Ke-2. Yogjakarta : Indonesia Tera.

Kotler, Philip. 1991. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-6. Jakarta : Pt Gelora Aksara Pratama.

Kotler,Philip Dan Armstrong, Gary. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-12. Ciracas Jakarta : Pt Gelora Aksara Pratama.

Nurdin, Ismail Dan Hartati,Sri. 2019. Metode Penelitian Social. Surabaya : Media Sahabat Cendekia.

Nurhawati, Devianti. 2015. Pengaruh Manajemen Laba Dan Asimetri Informasi Terhadap Biaya Modal Ekuitas (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 S/D 2013. Jurnal. Bandung : Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan.

Prawesti, Lisa Fransisca. 2016. Faktor- Faktor Yang Membentuk Brand Image Iphone Menurut Persepsi Konsumen. Yogjakarta : Universitas Sanata Darma.

Ratnawati, Atik. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Brand Image Pada Pasien Rumah Sakit Ortopedi (Rso) Prof Dr Soeharso. Jurnal. Surakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Salam, Hani. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Customer Trust Dan Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Bandung : Universitas Pasundan.

Suharyono, dan Ridho, Muhammad. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Pelanggan Kartu Prabayar Simpati. Jurnal. Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Sulistiyono. 2011. Analisis Pengaruh Kegunaan Produk,Kemudahan Penggunaan Produk Dan Pergaulan Social Terhadap Minat Merefensikan Pada Produk Blackberry. Jurnal. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Dipenegoro.

Stanton, J William. 1993. Prinsip Pemasaran. Edisi Ke-7. Jilid Pertama. Jakarta : Pt Gelora Aksara Pratama.

Tirta, Adi. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelangga Di Pasaraya JM. Jurnal. Palembang : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah.

Veronika. 2016. Pengaruh Iklan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal. Yogjakarta : Universitas Sanata Darma.
Published
2024-03-30