ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN ONLINE BERBASIS E – COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ( STUDI KASUS UMKM PYO JEWELRY)

Main Article Content

Arbai Hidayatis Shaliha
Endang Sri Mulatsih
Sazili Sazili
Wandestarido Wandestarido

Abstract

Sistem informasi akuntansi sangat dibutuhkan oleh perusahaan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia membuat kebutuhan sebuah sistem informasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, khususnya pada perusahaan penjualan. UMKM Pyo Jewelry adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan aksesoris, dalam meningkatkan pendapatannya UMKM Pyo Jewelry memasarkan produknya tidak hanya dari mulut ke mulut, tetapi juga memasarkan dari jaringan internet yaitu E-Commerce . Tujuan penelitian untuk mengetahui sistem informasi penjualan online berbasis E-commerce dalam meningkatkan pendapatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Sistem informasi akuntansi penjualan dalam meningkatkan pendapatan pada UMKM Pyo Jewelry sudah sesuai dengan SOP yang ada diperusahaan. Fungsi yang terkait telah dirancang dengan baik hanya saja masih terdapat kerangkapan fungsi yaitu fungsi sales merangkap menjadi fungsi kasir. Penerapan Sistem Informasi Akuntansi penjualan online berbasis E-Commerce telah menunjukan bahwa sistem E-Commerce pada UMKM Pyo Jewelry sudah berjalan dengan Efektif.

Article Details

Section
Articles

References

Ananda, Mas Dimas Satria, and Ita Novita. 2020. “Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Untuk Mengoptimalkan Penjualan Batik Pada Toko Al-Barokah Batik.” IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System 3(2):587–91. doi: 10.36080/idealis.v3i2.2727.

Azhar, Susanto. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.


Bordan, George. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi ke-. Yogyakarta: Andi.

Diana, Anastasia. 2011. Sistem Informasi Akuntansi Perancangan, Proses, Dan Penerapan. Yogyakarta: Andi.

Fitriyanti, Febri. 2018. “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dengan E-Commerce Dengan Menunjang Efektivitas Dan Efesiensi Penjualan Studi Kasus PT. Transmarco Palembang.” Skripsi.

Jewelry, UMKM Pyo. 2022a. “Data Penjualan.”

Jewelry, UMKM Pyo. 2022b. “Pyo Jewelry: Perhiasan Eksklusif Nihil Limbah.” IKRA Indonesia. Retrieved August 2, 2022 (https://media.ikraindonesia.com/blog-updates/article/pyo-jewelry-perhiasan-eksklusif-nihil-limbah/).


Mulyadi. 2008. Sistem Akuntansi. Karawang: Salemba Empat.

Mulyadi. 2013. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. 4th ed. jakarta selatan.

Pala’langan, Eunike Intan, David P. E. Saerang, and Hendrik Gamaliel. 2020. “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Pada Pt. Wahana Wirawan Manado-Nissan Datsun Martadinata.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 8(4):824–34.

R, Soemarno S. 2010. Akuntansi Suatu Pengantar. Palapo: Salemba Empat.

Reynardo, Reynardo, and Lauw Li Hin. 2020. “Sistem Informasi Penjualan Snack Berbasis E-Commerce Pada Toko Morning Chocolate.” IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System 3(1):145–51. doi: 10.36080/idealis.v3i1.2009.
Romney, Marshall B. 2018. No Title. Edisi 14. Italy: Italy : Pearson.
Sochib. 2018. Pengantar Akuntansi. Edisi 1. Lumajang: Deepublish.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Lumajang: Alfabeta.
Susanto, Azhar. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya , 2008.
Turban, Efraim. 2012. Electronic Commerce. Tanggerang: Pearson.